Zuckerberg Sumbangkan Rp 39 Triliun Untuk Berantas Penyakit


Mark Zuckerberg belakangan makin giat di aktivitas filantropi. Pendiri dan CEO Facebook tersebut baru saja berjanji bahwa dia dan istrinya, Priscilla Chan, akan menginvestasikan uang senilai USD 3 miliar atau sekitar Rp 39 triliun untuk memberantas penyakit.

Uang yang begitu banyak itu akan dikucurkan secara bertahap melalui yayasan Chan Zuckerberg Initiative dalam satu dekade ke depan. Ambisi Zuck amat tinggi, yakni menyembuhkan, mengendalikan atau mencegah segala penyakit dengan tenggat waktu sampai akhir abad ini. 

"Ini bukan berarti tidak ada yang akan sakit lagi. Namun anak-anak kita dan anak-anak mereka nanti tidak akan begitu banyak kena penyakit lagi."

Zuck menambahkan kalau pada saat ini, lebih banyak uang dikeluarkan untuk merawat mereka yang sakit daripada melakukan pencegahan. Menurut dia, hal itu harus diubah.

Dana dari Zuck digunakan untuk melakukan riset mendalam yang dilakukan oleh para ilmuwan ahli di bidangnya. Akan diciptakan sebuah pusat riset bernama Biohub yang mengumpulkan para pakar untuk mencegah penyakit.

Pada awalnya, Biohub bakal memetakan tipe sel yang mengendalikan organ utama tubuh manusia. Kemudian akan mengembangkan vaksin untuk menangkal penyakit berbahaya semacam HIV, Ebola, Zika dan sebagainya.

Tahun lalu bertepatan dengan kelahiran putrinya Max, Zuck dan Chan memang berjanji memberikan 99% saham Facebook yang ia miliki, yang saat itu nilainya USD 45 miliar untuk amal. Saham itu diberikan bertahap sepanjang hidup mereka. Zuck tampaknya memegang janji tersebut.
Title : Zuckerberg Sumbangkan Rp 39 Triliun Untuk Berantas Penyakit
Description : Mark Zuckerberg belakangan makin giat di aktivitas filantropi. Pendiri dan CEO Facebook tersebut baru saja berjanji bahwa dia dan istrin...

0 Response to "Zuckerberg Sumbangkan Rp 39 Triliun Untuk Berantas Penyakit"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak sesuai tema dan jangan lupa sertakan link blog / web anda agar admin bisa berkunjung kembali.

Arigatou Gozaimasu